Senin, 28 Mei 2012

Cara Aman Menggunakan Kartu Kredit 2

     Saat Melakukan Transaksi

  1. Kartu kredit di terbitkan atas nama pribadi anda, sehingga hanya anda yang boleh menggunakannya.Jangan pernah memberikan kartu kredit pada orang lain, termasuk keluarga dan orang terdekat sekalipun.
  2. Jangan pernah memberitahukan PIN anda pada orang lain. Karena PIN bersifat rahasia dan dapat di gunakan untuk pengambilan tunai di atm.
  3. Jangan pula memberikan informasi data pribadi mengenaikartu kredit anda seperti nama gadis atau ibu kandung, masa berlaku kartu kredit, 3 angka di belakang kartu, ataupun limit kartu kredit anda kepada pihak yang tidak berkepentingan.
  4. Simpan kartu kredit anda di tempat yang aman.
  5. Pastikan staff merchant dimana anda bertransaksi langsung membawa kartu anda ke tempat kasir dan bukan tempat lainnya.
  6. sebelum menandatangani sales draft, pastikan bahwa jumlah transaksi yang tercetak di sales draft sesuai dengan jumlah transaksi yang anda belanjakan. Dengan demikian anda terhindar dari kewajiban membayar tagihan yang bukan transaksi anda.
  7. Pastikan bahwa kasir hanya menggesek kartu anda sekali untuk setiap transaksi. Hal ini untuk menghindari adanya 2 kali penagihan dengan jumlah yang sama, pada waktu dan tempat yang sama.
  8. Pastikan staff merchant mengembalikan kartu kredit anda setelah transaksi selesai.
  9. Simpanlah kembali kartu anda dan simpan pula sales draft transaksi anda untuk di cocokkan dengan tagihan yang anda terima di kemudian hari.
  10. Bila anda bertransaksi di dunia maya ( online transaction ) pastikan bahwa tempat anda bertransaksi adalah tempat yang aman dari kemungkinan penyalahgunaan kartu kredit.
  11. Bila anda mendapatkan tawaran dari merchant yang menggunakan telephon, atau surat ataupun internet. Pastikan bahwa anda telah mengetahui produk dan jasa yang di tawarkan dan telah setuju dengan penawaran tersebut. Sebelum anda memberikan 16 digit nomor kartu kredit anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar